Atasi Nyeri Punggung

Pernah merasa nyeri pada punggung? Bila hal itu kerap terjadi, berarti ada yang salah pada tubuh Anda. Pasalnya nyeri punggung umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Mau tahu apa saja kira-kira penyebab terjadinya nyeri punggung? Simak deh yang berikut ini..

Sebagian besar sakit punggung berasal dari bagian perut dan otot punggung yang menopang tulang belakang. Keadaan ini biasanya tidak terlalu berbahaya dan bisa dicegah dengan mudah.
Pada beberapa kasus, sakit punggung mungkin merupakan tanda penyakit lain yang serius. Misalnya terselipnya cincin tulang belakang (Hernia Nucleus Pulposus), retak atau patah tulang belakang, dan infeksi ginjal atau batu ginjal.
Nyeri yang lebih banyak terjadi pada leher atau punggung jadi pada leher atau punggung bagian bawah ini disebabkan oleh kejang otot karena stres, otot punggung lemah, kesalahan posisi tubuh, cedera akibat gerakan terlalu kuat dan menstruasi. Berikut ini langkah pencegahan dan penanggulangan yang diperlukan:
1. Ubahlah posisi secara berkala apabila Anda harus duduk, berdiri atau membungkuk terlalu lama. Bangun dan lakukan gerakan seperti memutar leher pelan-pelan atau membungkuk ke depan dan ke belakang.
2. Apabila harus berdiri lama, naikkan satu kaki pada bangku rendah.
3. Biasakan selalu dalam posisi tubuh yang baik.
4. Pastikan bahwa tinggi meja untuk bekerja (meja kerja atau dapur) nyaman dan sesuai keadaan Anda.
5. Pilihlah kursi dengan sandaran punggung yang baik.
6. Istirahatlah dengan berbaring untuk menyembuhkan otot yang cedera. Gunakan kasur yang keras untuk menopang punggung.
7. Usahakan untuk tidak tidur dalam posisi telungkup.
8. Bila mengangkat barang dengan posisi jongkok, usahakan agar punggung selalu dalam keadaan lurus.
9. Hangatkan bagian yanng sakit selama 15 menit sebanyak satu atau dua kali sehari dengan menempelkan handuk hangat, botol berisi air panas, atau sinar infra merah.
10. Pijat bagian yang sakit secara perlahan-lahan dengan mengoleskan krem, salep, atau balsem pereda sakit atau radang.
12. Minumlah obat pereda sakit yang terdaftar di Depkes atau POM.
13. Periksakan diri Anda ke dokter bila sakit tidak berkurang, nyeri terasa menjalar ke arah kaki, tidak bisa bangun setelah membungkuk atau air kencing berdarah, kotor dan berbau busuk.
14. Panggil ambulans bila sakit punggung ini akibat jatuh atau pukulan pada tulang belakang. Sebab, kemungkinan besar terjadi patah tulang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar